Inilah Cara Terbaik Mengatasi Keluhan Setelah Atau Pasca Ovum Pick Up (OPU)!


Apa saja keluhan setelah atau pasca Ovum Pick Up (OPU) – Pada kesempatan ini kami akan membagikan mengenai keluhan-keluhan yang biasanya dialami oleh Ibu-Ibu yang mengikuti Program Bayi Tabung atau IVF pasca atau sesudah prosedur Ovum Pick Up atau lebih dikenal dengan OPU.
Tanpa berpanjang lebar, berikut adalah beberapa keluhan yang sering dikeluhkan paca Ovum Pick Up (OPU) dan cara mengatasinya:

1.  Perut Begah dan Serasa Kembung:
Ini merupakan keluhan yang paling banyak dirasakan oleh Ibu pasca Ovum Pick Up (OPU). Dimana rata-rata banyak yang mengeluhkan perut terasa begah dan kembung. Umumnya jika ibu merasa begah atau serasa kembung sebaiknya makan yang teratur, hindari makanan yang memacu peningkatan asam lambung seperti: cokelat, kopi, bersoda, makanan pedas, jeruk, lemon dan lain-lain.
Bila belum sembuh biasanya akan diberi obat yang dapat meredakan peningkatan asam lambung.
2. Susah Kentut dan Buang Air Besar:
Keluhan selanjutnya adalah susah untuk flatus (kentut) dan buang air besar. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan berbagai hal, diantaranya: banyak mengkomsumsi buah tinggi serat, mobilisasi yang baik, dan umumnya jika Anda belum BAB lebih dari tiga hari sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda, dan umumnya Anda akan diberikan resep obat pencahar agar bisa buang air besar.

3. Kurang Istirahat atau Tidur:
Biasanya setelah Ovum Pick Up (OPU), ibu cenderung susah tidur. Hal ini bisa disebabkan oleh nyeri pada area perut dan area lain, karena cemas atau stres, dll. Untuk mengatasi ini, Anda harus mengatasi keluhan yang membuat Anda susah tidur. Kalau karena cemas, maka tenangkanlah pikiran Anda. Pikirkan bahwa semuanya akan baik-baik saja.
4. Nyeri atau Kram-Kram Hebat Di Area Perut:
Ini keluhan yang mesti Anda waspadai. Ada baiknya segera konsultasikan keluhan Anda ini dengan dokter kandungan Anda. Biasanya ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan, diantaranya adalah: kompres area nyeri, pemberian resep anti nyeri oleh dokter, di anjurkan komsumsi protein tinggi (putih telur, sari ikan gabus, maupun susu).
Jika nyeri terus berlanjut Anda patut waspada terkena OHSS. Untuk itu konsultasikanlah keluhan Anda pada dokter kandungan Anda, agar permasalahan Anda dapat diatasi dengan prosedur yang baik dan benar. Baca Juga: Cara Mudah Dan Terpercaya Mencegah Dan Mengobati OHSS

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Cara Terbaik Mengatasi Keluhan Setelah Atau Pasca Ovum Pick Up (OPU)!"