Kupas Tuntas Perihal Ketebalan Dinding Rahim: Ketebalan Dinding Rahim Yang Normal, Pemeriksaan Untuk Mengetahui Ketebalan Dinding Rahim Dan Cara Menebalkan Dinding Rahim Yang Tipis


Berapa normalnya tebal dinding rahim? Apa penyebab dinding rahim tipis? Bagaimana cara menebalkan dinding rahim yang tipis? Apa yang terjadi jika seorang wanita atau perempuan memiliki rahim yang tipis? Apakah wanita yang mempunyai rahim yang tipis bisa hamil? Itulah beberapa pertanyaan seputar ketebalan dan ketipisan dinding rahim.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah jawaban tuntas perihal dinding rahim:
Lapisan Rahim:
Sebelum membahas tebal dan tipisnya dinding rahim, marilah kita pelajari dulu perihal anatomi dari uterus atau rahim. Jadi seperti kita ketahui rahim terdiri dari tiga lapisan, yaitu:
1.   Perimetrium: merupakan lapisan terluar dari rahim
2.  Miometrium: merupakan lapisan bagian tengah dari rahim terdiri atau tersusun dari lapisan otot rahim.
3.  Endometrium: merupakan lapisan dalam rahim yang terdiri dari membran mukosa.
Nah, dari tiga lapisan tersebut, lapisan endometrium lah yang menebal dan menipis ketika siklus haid atau menstruasi datang.

Berapa Normalnya Tebal Dinding Rahim:
Ukuran normal tebal dinding rahim agar terjadi perlekatan janin adalah 8 – 13 mm. Jika menempel pun maka ada kemungkinan dinding rahim tidak kuat menopang benih tersebut sehingga ada kemungkinan terjadi keguguran.

Bagaimana Cara Mengetahui Ketebalan Rahim:
Biasanya untuk mengetahui ketebalan rahim bisa melalui USG
Apa Penyebab Dinding Rahim Menipis (Tipis):
1.   Kadar Hormon Estrogen Yang Rendah:
Hormon Estrogen merupakan hormon yang penting yang membuat lapisan endometrium menebal. Biasanya hormon estrogen rendah dikarenakan berbagai hal, seperti: adanya gangguan makan, olahraga yang berlebihan dan kelainan ovarium. Lalu, bagaimana caranya mengetahui bahwa kadar estrogen kita rendah? Kita bisa mencek kadar hormon estrogen melalui pemeriksaan darah.
2.  Aliran Darah Ke Rahim Kurang:
Biasanya ini disebabkan oleh kebiasaan hidup yang buruk, seperti: duduk terlalu lama,dan  jarang berolahraga. Selain itu bisa juga disebabkan oleh: mioma uteri, peningkatan hormon stres tubuh.
3.  Obat-obatan Yang Mengandung Progestin:
4.  Kerusakan Jaringan Endometrium:
Jaringan endometrium dapat rusak akibat radang panggul atau tindakan pembedahan, seperti: operasi caesar, kuret maupun laparoskopi.
Bagaimana Cara Agar Dinding Rahim Yang Tipis Menjadi Tebal (Terapi Atau Pengobatan):
Hal yang perlu diperbaiki adalah gaya hidup yang salah, seperti: jarang berolahraga tau justru berolahraga terlalu berlebihan, jangan menerapkan hidup sedentary atau duduk terlalu lama, jaga pola makan ( perbanyak makanan tinggi protein kurangi atau batasi makanan tinggi karbohidrat dan komsumsi alpukat mapun jus tiga diva), dan biasanya jika dinding rahim Anda tipis Anda akan diberikan resep oleh dokter obat hormon. Baca Juga: Apa Itu Jus 3 Diva? Bagaimana Membuatnya? Apa Bahannya? Dan Apa Manfaatnya?
Apakah wanita atau perempuan dengan dinding rahim yang tipis bisa hamil:
Jawabannya bisa, tapi beresiko terhadap kehamilannya. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda segera berkonsultasi kepada dokter kandungan, sehingga didapatkan solusi terbaik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kupas Tuntas Perihal Ketebalan Dinding Rahim: Ketebalan Dinding Rahim Yang Normal, Pemeriksaan Untuk Mengetahui Ketebalan Dinding Rahim Dan Cara Menebalkan Dinding Rahim Yang Tipis"