Fakta Mengejutkan Tentang Sperma Yang Wajib Anda Ketahui

Seorang pria mungkin lebih tahu tentang percintaan dibandingkan dengan spermanya sendiri. Dimana kurangnya pengetahuan akan kesehatan organ reproduksi, seorang Pria terkadang melakukan hal-hal yang justru menurunkan kualitas dan jumlah spermanya sendiri, terlebih di zaman yang serba cepat ini.
Banyak studi mengklaim bahwa jumlah sperma laki-laki generasi sekarang telah berkurang hampir 50% dari generasi sebelumnya. Dimana hal ini akan menurunkan peluang bagi pasangan suami isteri untuk memiliki keturunan. Lalu, apa saja yang menurunkan jumlah dan kualitas sperma di zaman modern ini?  Baca Juga: 10 Hal Yang Dapat Menurunkan Kualitas Dan Jumlah Sperma Anda

Berikut adalah beberapa fakta  tentang dasar-dasar kesehatan sel sperma:
Fakta # 1:  Dalam setiap milimeter ejakulasi, hampir 20-100.000.000 sel sperma yang keluar. Seorang pria yang sehat bisa menghasilkan sekitar 1 sampai 5 ml air mani di setiap ejakulasi.

Fakta # 2: Kepala sel sperma membawa materi genetik, bagian tengah membawa mitokondria  dan ekor adalah flagela yang membantu dalam proses berenang.
Fakta # 3: Ukuran sel sperma adalah sekitar 50 mikrometer yaitu sekitar 0,05 milimeter. Mata telanjang tidak akan bisa melihat sel kecil ini.
Fakta # 4:  telur pada wanita bisa dilihat dengan mata telanjang karena mereka sekitar 30 kali lebih besar dalam ukuran dibandingkan dengan sel sperma.
Fakta # 5: Sperma bisa mendeteksi zat-zat tertentu yang diproduksi oleh sel telur. Itu sebabnya mereka bisa menuju ke arah sel telur. Sel telur umumnya berada di daerah suhu tinggi di bagian reproduksi. Dari hal itulah sel sperma mendeteksi lokasi mereka (sel telur) untuk berenang  kesana.
Fakta # 6: sel sperma ini bisa berenang dengan jarak 0,2 meter dalam rentang satu jam. Sel sperma yang berenang tercepat dibandingkan sel sperma lain akan berhasil membuahi sel telur sedangkan yang lambat akan segera gugur didalam perjuangannya.
Fakta # 7: sel sperma akan mati dalam beberapa jam ketika mereka berada di luar  tubuh manusia. Tapi di dalam tubuh wanita, mereka bisa bertahan selama 3-5 hari.
Fakta #8: Apakah jumlah sperma menurun di era modern ini? Nah, ada pertentangan pendapat tentang hal ini karena beberapa penelitian menyebutkan bahwa mereka telah menurun drastis pada pria saat ini sedangkan beberapa studi menyatakan bahwa mereka masih stabil.

Fakta # 9: Setelah ejakulasi, sel sperma yang tersisa yang tidak ejakulasi atau dikirim keluar dari tubuh umumnya diserap kembali ke dalam tubuh laki-laki. Baca juga: Organ Reproduksi Normal Tapi Belum Hamil? Mungkin Ini Sebabnya...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Fakta Mengejutkan Tentang Sperma Yang Wajib Anda Ketahui"

Effendi Nurdiaman mengatakan...

Jadi Pria jaman sekarang lebih tahu tentang percintaan di banding sperma nya sendiri ya mas ? Lengkap banget mas penjelasan dan fakta-faktanya :) ini sangat penting diketahui pria jaman sekarang