Begini Caranya Agar Penderita Diabetes Dapat Hamil Secara Normal

Saya penderita diabetes (kencing manis) tapi saya ingin segera hamil, berbahayakah bila penderita diabetes hamil? Lalu, jika saya ingin tetap hamil bagaimana caranya agar kehamilan saya berjalan dengan normal? Begitulah pertanyaan yang sering muncul dibenak penderita diabetes yang ingin segera memiliki anak.
Penderita diabetes melitus atau kencing manis sebenarnya tidak masalah jika hamil, selama kondisi penyakitnya (gula darahnya) terkontrol. Tapi, jika kondisi penyakit Anda tidak terkontrol maka kehamilan Anda berisiko (berbahaya), bukan hanya bagi bayi yang Anda kandung tapi juga bagi Anda selaku pemberi ‘makan’ bayi yang Anda kandung. Baca Juga: Ingin Cepat Hamil Hindari Depresi

Bagaimana caranya agar kehamilan penderita diabetes berjalan dengan normal dan lancar? Caranya sebelum memprogramkan kehamilan sebaiknya konsultasikan dulu riwayat kesehatan Anda kepada dokter kandungan Anda, biasanya dari dokter kandungan akan mengkonsultasikan riwayat kesehatan Anda (gula darah yang tinggi) kepada dokter interna (Spesialis penyakit dalam) untuk penanganan pengontrolan gula darah agar stabil dan normal.

Bila gula darah Anda tinggi biasanya akan diberikan obat yang berguna untuk menurunkan gula darah Anda. Obatnya bisa berupa tablet atau bisa juga berupa suntikan, hal ini tergantung kondisi gula darah Anda.
Tapi, yang patut Anda ingat kasus kencing manis (diabetes) sampai saat ini belum bisa disembuhkan, yang ada hanya sebatas mengontrol agar gula darah tetap stabil. Untuk itu selain pengobatan, penderita kencing manis harus menjaga pola hidup sehat dengan cara menjaga pola makan, rutin berolahraga, istirahat yang cukup dan rajin mengontrol darah.
Jika Anda telah positif hamil Anda harus tetap menjaga pola hidup sehat di atas. Untuk pola makan sebaiknya hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi karena akan memacu peningkatan gula darah. Untuk olahraga sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter interna dan dokter obgyn (kandungan) Anda jenis olahraga apa yang bisa dilakukan oleh ibu hamil.
Mengapa penderita kencing manis harus mengontrol gula darahnya? Karena jika gula darah tidak terkontrol pada saat Anda hamil, maka  bayi Anda berisiko memiliki ukuran yang besar dari bayi umumnya (giant baby).
Bukankah baik jika memiliki bayi yang berukuran besar? Pemikiran ini salah karena ukuran bayi yang besar disini bukan berarti nutrisinya mencukupi tapi besar disini dikarenakan penyakit diabetes melitus. Dimana ibu dan bayi yang dikandung akan berisiko mengalami kematian karenanya.
Sang bayi akan susah dikeluarkan dari jalan lahir ibunya secara normal, sedangkan sang ibu akan banyak kehabisan tenaga karena susahnya persalinan. Kalaupun sang bayi lahir dengan selamat, ia akan tetap harus mendapat pengawasan yang insentif untuk memantau gula darah sang bayi.

Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita diabetes yang ingin hamil terapkanlah hidup sehat mulai sekarang dan jangan lupa rutin berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda. Baca Juga: Organ Reproduksi Normal Tapi Anda Belum Hamil? Begini Caranya Agar Hamil

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Caranya Agar Penderita Diabetes Dapat Hamil Secara Normal"