Hipotiroidisme Penyakit Yang Menyebabkan Anda Susah Untuk Hamil

Hypothyroidism telah terbukti menjadi alasan di balik ketidak suburan (infertilitas) pada pasangan yang menginginkan keturunan. Tetapi sayangnya, penyakit hipotiroidisme ini sering diabaikan sebagai penyebab terjadinya kemandulan pada pasangan, sehingga  banyak pasangan yang tidak mengetahui bahwa ia mengidap penyakit yang menyebabkan ia susah hamil ini.
Apa hipotiroidisme itu? Hipotiroidisme adalah suatu keadaan dimana kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup tiroksin dan triiodothyronine hormon. Baca Juga: Begini Caranya Agar Penderita Diabetes Dapat Hamil Secara Normal

Produksi yang tidak memadai pada hormon tiroksin dan triiodothyronine ini  mencegah tubuh untuk melaksanakan kemampuan reproduksi yang sangat  penting, salah satunya adalah memastikan jumlah optimal penciptaan telur. Ketidakcukupan hormon tiroid ini akhirnya menyebabkan infertilitas (ketidaksuburan) pada wanita.

Selain itu hipotiroidisme juga menyebabkan prolaktin diproduksi dalam jumlah yang lebih besar dari biasanya. Produksi hormon yang berlebihan ini menghambat ovulasi (salah satu dari siklus menstruasi, dimana folikel ovarium yang telah matang melepaskan sel telur). Hal ini dikarenakan prolaktin merupakan hormon penghasil susu, sehingga otak menerima sinyal bahwa tubuh pasti tidak siap untuk ovulasi.
Hipotiroidisme sering terjadi di kalangan wanita usia reproduksi. Hal ini lebih terlihat pada wanita antara awal dua puluhan dan tiga puluhan akhir, tetapi juga dapat terjadi setelah menopause.
Tapi Anda tidak perlu khawatir karena penyakit ini bisa diobati. Untuk menentukan apakah Anda menderita Hipotiroidisme ini, Anda wajib melakukan pemeriksaan atau tes. Dimana tes dapat dilakukan untuk memastikan tidak adanya  tiroksin atau triiodothyronine dalam tubuh.
Biasanya jika terjadi  Hipotiroidisme ini  tenaga medis akan memberikan obat-obatan untuk menumpas penyakit Hipotiroidisme ini. Oleh karena itu, ketika Anda ingin hamil dengan segera, salah satu yang harus selalu Anda lakukan adalah pergi untuk tes tiroid. Dan jika terdeteksi penyakit itu pada kita, kita harus konsisten mengkomsumsi  obat  yang diberikan sehingga Anda segera hamil dan terhindar dari keguguran.
Ketika Anda ingin segera hamil, dan tidak  berhasil, bagaimana Anda tahu bahwa itu adalah karena hipotiroidisme? Memang agak susah mengetahuinya, dikarenakan ada beberapa penyakit yang memiliki tanda dan gejala yang serupa dengan penyakit hipotiroidisme ini.
Tapi jika ada beberapa tanda dan gejala berikut ini, Anda patut waspada karena bisa jadi Anda mengidap hipotiroidisme ini. Berikut beberapa tanda dan gejala dari hipotiroidisme: peningkatan lemak di tubuh, peningkatan denyut jantung, perubahan suasana hati yang parah, kulit kering, rapuh, kuku terkelupas, kasar dan rambut menipis, ketidakmampuan untuk mentolerir dingin, warna kekuningan pada kulit, sembelit, menstruasi berat atau tidak teratur dan umum kelemahan atau kelelahan. Baca Juga: Fakta Mengejutkan Tentang Sperma Yang Wajib Anda Ketahui

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Hipotiroidisme Penyakit Yang Menyebabkan Anda Susah Untuk Hamil"

Effendi Nurdiaman mengatakan...

Susah juga nyebutin nama penyakit nya mas ? semoga saja para wanita di jauhkan dari penyakit semacam itu agar bisa mendapat keturunan :)