Perjalanan Program Bayi Tabung (IVF) Part 8: Persiapan, Tindakan Embrio Transfer,Dan Biaya Embrio Transfer (ET)!


Perjalanan Program Bayi Tabung Part 8 – Pada kesempatan kali ini kami akan bercerita perihal Embrio Transfer (ET) yang kami lakukan. Dimana Embrio Transfer kami lakukan hari selasa (5 Maret 2019).
Sebelum menjalani embrio transfer, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan ( bisa baca di sini: Informasi Atau Persiapan Yang Mesti Dilakukan Sebelum Penanaman Embrio (Embrio Transfer Atau ET)!  ). Kami berangkat pukul 06.30 ke Klinik Program Bayi Tabung. Tidak seperti OPU (Ovum Pick Up) yang mengharuskan puasa, pada tindakan ET justru istri dianjurkan untuk sarapan dulu dan ke klinik dianjurkan membawa 2 botol minuman mineral sedang.
Setelah mendaftar dan menunggu sekitar 10 menit, istri dipanggil di dalam untuk Embrio Transfer. Oh, ya.. kami menjalani Embrio Transfer pada hari ke 5. Dan pada saat kami menelpon petugas menanyakan berapa embrio yang kami punya, petugas belum bisa menyampaikan menunggu perkembangan sel embrio.
Dari 10 sel telur milik istri, ternyata hanya 5 yang berhasil bersatu membentuk embrio (dihari ke dua), dan sampai hari kelima ternyata hanya 3 yang bertahan menjadi embrio. Kami bersyukur ada yang bertahan sampai hari kelima. Dan jumlah juga banyak menurut kami.
Dari dokternya yang memberi kami tambah semangat adalah kemungkinan kami memiliki anak kembar 3 itu 20%, memiliki anak kembar 2 itu sebesar 30%. Dan mempunyai anak tunggal tidak disebutkan tapi kemungkinan peluangnya lebih besar dari kembar 3 dan kembar 2.
Dan sekitar pukul 11.00 istri sudah di antar ke ruang perawatan. Istri merasakan ingin kencing ketika selesai embrio transfer, karena seperti diketahui pada saat tindakan ET, istri dianjurkan banyak minum.
Kira-kira beberapa jam kemudian, perawat datang menjenguk kami. Dan menyampaikan bahwa istri boleh duduk.
Istri lalu menanyakan apakah selesai embrio transfer boleh melakukan aktifitas seperti biasa? Jawabannya ia tapi tidak boleh kecapean. Ketika ditanya apa yang mesti dihindari ketika Embrio Transfer (ET), dijawab hindari Vitamin C dan Vitamin E. Selain itu hindari makanan asam, pedas, dan mengandung gas.
Lalu, berapa biaya yang dikeluarkan untuk Embrio Transfer (ET) ini? Biaya Embrio Transfer dapat dilihat di gambar bawah ini:

Jadi biaya Embrio Transfer (ET) adalah sebagai berikut:
1.   Ruang Perawatan yang kami tempati (Kelas 1): Rp. 800.000
2.  Biaya Pendaftaran: Rp. 40.000
3.  Biaya Embrio Transfer Dan Alkes: Rp. 5.500.000
4.  Biaya Administrasi: Rp. 80.000
5.  Underpead: Rp. 5.000
6.  Penjualan Obat: Rp. 192.000

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perjalanan Program Bayi Tabung (IVF) Part 8: Persiapan, Tindakan Embrio Transfer,Dan Biaya Embrio Transfer (ET)!"