Delapan Faktor Yang Mempengaruhi Motilitas Atau Pergerakan Sperma Anda

Apa yang mesti dilakukan agar sperma menjadi normal dan sehat? Apa yang mesti dihindari agar sperma memiliki bentuk yang normal? Apa yang mesti dilakukan agar sperma bergerak cepat dan aktif? Lalu bagaimana caranya agar sperma memiliki jumlah yang banyak?
Beberapa pertanyaan diatas adalah pertanyaan umum perihal kesuburan pria yang akhir-akhir ini mengalami penurunan yang disebabkan banyak hal, salah satu yang paling dominan yang mempengaruhi kesuburan pria adalah perubahan gaya hidup.
Jika Anda dan pasangan Anda sedang merencanakan kehamilan, Anda perlu memahami tentang kesehatan sperma Anda. Hal ini penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan pria dan kemudian mempertimbangkan langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk  menjadikan sperma Anda sehat.

Penyebab tersering dari infertilitas (ketidak suburan) pada pria adalah karena adanya sperma yang abnormal. Dimana kesehatan sperma biasanya dipengaruhi oleh faktor gaya hidup. Beberapa gaya hidup yang memiliki efek buruk pada kualitas sperma, seperti:  merokok, minum alkohol berlebihan, berat badan berlebih, penyakit virus akut, narkoba dan hernia. Baca juga: Komsumsi Tomat Secara Rutin Terbukti Meningkatkan Kesuburan Pria
Ketika sperma cacat (bentuk kepala hilang atau ekor yang bengkok) Ini bisa mempengaruhi kemampuan sperma untuk mencapai dan membuahi sel telur. Dalam rangka meningkatkan kualitas sperma dan potensi untuk hamil, sangat penting bagi pria untuk meningkatkan motilitas sperma. Pergerakan sperma adalah tentang cara di mana sperma mampu melintasi saluran reproduksi dan lancar mengarungi medan berat melalui vagina, yang merupakan masa leher rahim perempuan, dan kemudian masuk ke dalam tuba falopi sehingga berakhir dengan pembuahan.

Berikut faktor yang mempengaruhi pergerakan sperma Anda:
Hal pertama mempengaruhi pergerakan sperma Anda adalah: Panas:  Bekerja di lingkungan yang panas seperti pembuatan roti atau duduk selama berjam-jam telah dikaitkan untuk memompa suhu testis. Bak air panas dan sauna juga dapat menurunkan jumlah sperma.
Panas yang ekstrim pada testis akan menyebabkan motilitas atau pergerakan sperma menjadi rendah. Hal ini memungkinkan sperma menjadi tidak matang dan jika suhu testis mencapai 98, produksi sperma akan berhenti.
Hal kedua mempengaruhi pergerakan sperma Anda adalah: diet yang buruk: dimana diet yang buruk  (makanan junk food, tinggi lemak, makanan cepat saji, dll) merupakan salah satu faktor yang berpengaruh pada motilitas sperma. pola makan yang buruk dan gaya hidup yang buruk dapat  memperburuk kualitas sperma Anda, bahkan untuk seseorang yang berusia muda sekalipun.
Hal ketiga mempengaruhi pergerakan sperma Anda adalah: Kegemukan: Menjaga berat badan yang sehat membantu  Anda dalam menjaga sperma Anda dalam kondisi baik. Jika Anda kelebihan berat badan, ada kemungkinan sperma anda berkurang baik dari kuantitas maupun kualitasnya.
Hal keempat yang mempengaruhi pergerakan sperma Anda adalah: Umur: semakin muda usia seseorang maka semakin besar peluangnya untuk memiliki sperma yang lincah dan cepat. Tapi semakin bertambah usia seseorang (Penuaan) maka semakin rendah peluangnya untuk memiliki  jumlah sperma dan motilitas sperma yang baik.
Hal kelima yang mempengaruhi pergerakan sperma Anda adalah: Demam tinggi. Demam tinggi dapat mempengaruhi motilitas sperma. Hal ini terbukti bahwa dalam proses produksi sperma, konsentrasi sperma mulai berkurang sekitar 35% apabila seseorang mengalami demam tinggi.
Hal keenam yang mempengaruhi pergerakan sperma Anda adalah: Kekurangan vitamin. Kekurangan Vitamin menjadi salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi motilitas sperma. Ini jelas mengarah ke motilitas sperma yang rendah. Beberapa kekurangan vitamin dan mineral seperti zinc, selenium, vitamin B-12, asam folat dan antioksidan dapat berdampak buruk pada kualitas sperma Anda.
Hal ketujuh yang mempengaruhi pergerakan sperma Anda adalah: minum Alkohol:  adalah berbahaya bagi sperma Anda. Pria yang minum alkohol setiap hari memiliki jumlah sperma serta tingkat testosteron yang rendah.

Hal kedelapan yang mempengaruhi pergerakan sperma Anda adalah: Merokok: Pria yang merokok secara teratur dapat melukai kualitas sperma mereka. Merokok, khususnya, mempengaruhi motilitas sperma pria. Selain itu, bahkan dapat memakan waktu lebih lama bagi pasangan Anda untuk hamil, terutama jika Anda adalah perokok berat. Baca Juga: 7 Kesalahan Yang Menyebabkan Anda Belum Hamil

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Delapan Faktor Yang Mempengaruhi Motilitas Atau Pergerakan Sperma Anda"