Dimana Tempat Embrio Tumbuh Dan Berkembang Pada Proses Program Bayi Tabung?


Apakah  Bayi Tabung Di Besarkan Dalam Perut Wanita Atau Dalam Sebuah Tabung Sebelum Lahir? Itulah pertanyaan yang masuk ke kami. Pertanyaan yang umumnya banyak ditanyakan pasangan yang awam akan Program Bayi Tabung atau IVF.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah jawaban dari dimana bayi tabung dibesarkan? Apakah di dalam perut wanita? atau di dalam sebuah tabung?:

Program Bayi Tabung atau IVF  adalah suatu cara atau teknik yang dilakukan agar terjadi pembuahan atau kehamilan, yang terjadi dan diawali dengan sel telur dibuahi sperma di luar tubuh.
Di sini dapat kita simpulkan bahwa Program Bayi Tabung (IVF) adalah cara yang dapat ditempuh oleh pasangan yang susah untuk memiliki buah hati secara alami dan ‘normal’. Seperti kita ketahui kehamilan terjadi karena pertemuan sel sperma dan sel telur yang umumnya terjadi di dalam tubuh wanita. Karena berbagai alasan (entah karena penyakit, sperma kurang baik, dll) pembuahan tidak dapat terjadi di dalam tubuh wanita, maka dengan Program Bayi Tabung sel sperma dan sel telur dapat ‘dipertemukan’  di luar tubuh dengan bantuan teknologi dan pengobatan sehingga tercipta kehamilan.

Pembuahan sel sperma dan sel telur dilakukan dalam sebuah tabung. Biasanya untuk terbentuknya embrio diperlukan waktu 3-5 hari. Melalui beberapa pertimbangan, ada yang embrionya di transfer ke dalam rahim pada hari ke 3 dan ada juga hari ke 5. Untuk lebih lengkapnya mengapa embrio di transfer (ET) pada hari ke tiga atau ke lima dapat dilihat di: Embrio Transfer Hari Ketiga Dan Hari Kelima, Mana Yang Lebih Baik?
Menjawab pertanyaan di atas, dimana bayi tabung di besarkan atau dimana tempat embrio tumbuh dan berkembang? Jawabannya adalah di Rahim Wanita. Pada dasarnya kehamilan alami dan Program Bayi Tabung (IVF) itu hampir sama, yang membedakan adalah kehamilan alami terjadi di dalam tubuh wanita, sedangkan Program Bayi Tabung di luar tubuh wanita.
Jadi jangan bayangkan bayi tabung tumbuh dan berkembang di dalam tabung selama sembilan bulan, tapi Program Bayi Tabung hanya mempertemukan sel sperma dan sel telur untuk terbentuk embrio selama 3 – 5 hari di luar tubuh yang kemudian di masukkan ke rahim wanita, dan di sanalah embrio tumbuh dan berkembang sampai dengan kelahiran.

Subscribe to receive free email updates: