Cara Mudah Mengenal Kualitas Sel Telur, Apakah Excellent? Moderate? Atau Poor? Pada Program Bayi Tabung (IVF)

Mengenal kuaitas sel telur pada saat menjalani Program Bayi Tabung – Banyak pasangan yang hendak menjalani program bayi tabung bingung apa yang dimaksud dengan kualitas sel telur yang excellent?, sel telur yang good/moderate dan sel telur yang poor? Atau apa yang dimaksud dengan sel telur grade 1?, grade 2? dan sel telur grade 3?
Nah, pada kesempatan ini akan membahas perihal kualitas sel telur pada Program Bayi Tabung. Hal ini penting kita ketahui, karena kuaitas sel telur merupakan salah satu faktor penentu berhasil atau tidaknya baik tabung, selain faktor: penerimaan rahim, pengaruh teknologi, dan faktor penunjang lainnya, seperti: nutrisi, psikologi dan relaksasi.

Jadi kuaitas sel telur grade 1 (satu) atau sel telur excellent adalah sel telur yang utuh bentuknya atau ukurannya sama besar, sedangkan kualitas sel telur grade 2 (dua) biasanya ada sedikit terjadi Fregmentasi (25% terjadi retakan), dan sel telur grade 3 (tiga) atau poor  biasanya banyak sekali terjadi retakan (jelek).

Lalu, apa yang dimaksud dengan sel telur morula? Blastocyst? Ini menyangkut pembelahannya di mana biasanya sel telur yang telah bersatu dengan sel sperma akan melakukan pembelahan. Pada umumnya pada hari ketiga akan membelah menjadi 8 sel, hari ke empat menjadi 32 sel dan pada hari ke lima menjadi 64 sel. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di bawah ini:

Nah, itulah sebabnya banyak Embrio Transfer dilakukan di hari ketiga da kelima. Adapun alasan mengapa dipilih hari ketiga atau kelima dapat dilihat di artikel: .
Selanjutnya muncul pertanyaan apa yang mempengaruhi bagus atau tidaknya sel telur? Berikut 4 hal yang mempengaruhi bagus atau tidaknya sel telur kita:
1.  Usia: Semakin muda usia kita, maka semakin bagus kualitas sel telur kita. begitupun sebaliknya.
2.  Kelainan: ada sejumlah penyakit yang menyebabkan sel telur kualitasnya menjadi tidak atau kurang bagus.
3.  Keseimbangan hormon: inilah alasan mengapa sebelum menjalani program bayi tabung, fungsi hormon ini diperiksa.
4.  Berat badan: Berbadan gemuk atau kurus sama-sama menghasilkan sel telur yang kurang baik. Itulah sebabnya banyak pasangan yang disarankan menjaga berat badannya, agar kualitas sel telur menjadi bagus. Baca Juga: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Menempelnya Embrio Pada Rahim Di Program Bayi Tabung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Mengenal Kualitas Sel Telur, Apakah Excellent? Moderate? Atau Poor? Pada Program Bayi Tabung (IVF)"