Apakah Wanita Yang Tersumbat Saluran Tuba Falopi Dapat Hamil Secara Alami? Ataukah Harus Menjalani Program Bayi Tabung? Kupas Tuntas Saluran Tuba Falopi: Pengertian, Penyebab, Pemeriksaan Dan Pengobatannya!


Saluran Tuba Falopii Tersumbat – Apakah Wanita yang saluran tuba falopii yang tersumbat bisa hamil alami? Apakah wanita yang kedua saluran tuba falopii nya mengalami sumbatan kalau ingin hamil hanya bisa dengan program bayi tabung (IVF)? Apa penyebab tersumbatnya saluran tuba falopii? Apa pengobatan dan tindakan medis yang mesti dilakukan jika saluran tuba falopii tersumbat? Itulah beberapa pertanyaan yang muncul perihal saluran tuba falopii.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah Hal-hal yang mesti Anda ketahui tentang saluran tuba falopii:
Sebelum menjawab pertanyaan di atas, marilah terlebih dahulu kita mengetahui apa itu saluran tuba falopii. Jadi, saluran tuba falopii adalah saluran di tubuh wanita yang berfungsi sebagai tempat yang menyalurkan sel telur dari kandung telur ke rahim. Selain itu, saluran tuba falopii juga memenang peranan penting akan terjadinya pembuahan dikarenakan, saluran tuba falopii adalah saluran bagi sel telur untuk bertemu dengan sel sperma.

Tentu saja jika ada masalah di saluran tuba falopii ini, maka akan mempengaruhi terjadinya pembuahan. Bagi wanita yang memiliki 2 indung telur dan 2 saluran tuba falopii, ketika salah satu saluran tersumbat, maka sebenarnya hal itu tidak akan menjadi masalah. Kenapa? Karena sel telur dapat berasal dari indung telur lain yang memiliki saluran yang baik/tidak tersumbat, tapi tetap saja akan mempengaruhi besarnya kesempatan bertemunya sel telur dan sel sperma.

Lalu, apa tanda dan gejala seseorang mengalami sumbatan pada saluran tuba falopii? Sebenarnya tidak ada tanda dan gejala yang khas pada penyakit ini. jenis penyumbatan saluran tuba falopii yang sering disebut dengan hidrosalping ini memang dapat menimbulkan sakit perut bagian bawah dan keluarnya cairan abnormal pada area miss v. Tapi, sekali lagi tidak semua wanita mengalami tanda dan gejala seperti itu. Baca Juga: Apa Itu Hidrosalping? Bagaimana Pengobatannya? Bisakah Hamil Dengan Hidrosalping? Dan Tempat Rekomdasi Dilakukannya Laparoscopy?
Apa penyebab dari tersumbatnya saluran tuba falopii ini? Ada beberapa penyebab di antaranya adalah: pernah menderita penyakit PMS, pernah mengalami infeksi rahim, pernah menjalani operasi di area perut, sebelumnya pernah mengalami usus buntu pecah, dan endometrioris.
Bagaimana mengetahui seseorang mengalami penyumbatan saluran tuba falopii? Umumnya dokter kandungan akan melakukan tindakan tes HSG untuk mengetahui ada sumbatan atau tidak di saluran tuba falopii.
Selanjutnya, jika memang postif mengalami sumbatan pada saluran tuba falopii, tindakan apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi saluran tuba falopii yang tersumbat? Jika sumbatan saluran tuba falopii nya ringan biasanya dilakukan hydrotubasi (meniup rahim), tapi jika cukup berat maka akan dilakukan Laparaskopi. Tindakan ini dilakukan untuk membuka tuba falopii yang tersumbat atau mengangkat jaringan penyumbatnya. Tapi, sayangnya metode ini tidak terlalu berhasil, dikarenakan usia (semakin muda semakin baik), tingkatan penyumbatannya, serta apa yang menyebabkannya.
Apakah wanita yang mengalami saluran tuba falopii tersumbat bisa hamil secara alami? Kalau yang tersumbat pada satu saluran tuba falopii maka peluangnya tentu besar untuk hamil secara alami, tapi kalau kedua saluran tuba falopii yang tersumbat maka tergantung dari derajat sumbatannya. Kalau sumbatanya ringan, maka peluangnya besar, jika cukup besar maka peluangnya akan menurun (biasanya dilakukan laparoskopi), dan bila sumbatannya cukup parah, dokter kandungan ahli infertilitas akan menyarankan program bayi tabung atau IVF bagi pasangan yang ingin segera memiliki anak atau keturunan.
Untuk itulah dalam melakukan tindakan bagi saluran tuba falopii yang tersumbat perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan khusus infertilitas, agar dapat ditentukan tindakan apa yang mesti dilakukan agar saluran tuba falopii terbuka sehingga membuka peluang bagi pasangan untuk memiliki keturunan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Wanita Yang Tersumbat Saluran Tuba Falopi Dapat Hamil Secara Alami? Ataukah Harus Menjalani Program Bayi Tabung? Kupas Tuntas Saluran Tuba Falopi: Pengertian, Penyebab, Pemeriksaan Dan Pengobatannya!"