Kupas Tuntas Perihal Tes AMH: Apa Itu Tes AMH? Cara Tes/Pengujian AMH? Fungsi Tes AMH? Cara Menaikkan Kadar AMH Yang Rendah

Apa yang seharusnya Anda ketahui tentang AMH
Saat Anda mencari saran medis untuk masalah ketidaksuburan, salah satu tes hormon yang biasanya dilakukan adalah: tes Anti-Mullerian Hormone atau AMH. Dimana tes ini mengukur kadar AMH dalam darah Anda, yang membantu dokter menentukan cadangan ovarium atau telur Anda.
Dalam posting ini, kami akan menjelaskan apa itu cadangan telur dan tes AMH, dan juga apa yang dapat Anda lakukan jika kadar AMH Anda rendah:
Tentang cadangan telur
Manusia dilahirkan dengan jumlah telur yang terbatas. Tepatnya, seorang gadis dilahirkan dengan 1-2 juta telur atau folikel dewasa di indung telurnya. Tapi tidak semua folikel ini akan bertahan sampai dewasa. Sebenarnya, sepanjang kehidupan seorang wanita, sebagian besar telurnya yang belum matang akan mati dalam proses alami yang disebut atresia.

Tahukah Anda bahwa pada saat seorang gadis merasakan periode pertamanya, hanya sekitar 400.000 folikel yang tersisa? Dan setiap periode berikutnya, dia kehilangan sekitar seribu folikel, sementara hanya satu yang matang menjadi sel telur atau telur. Ini berarti, sepanjang masa reproduksinya, seorang wanita hanya akan mengembangkan sekitar 400 sel telur. Jumlah folikel yang berkembang yang ditinggalkan seorang wanita, disebut "cadangan ovarium atau telurnya".
Cadangan telur dan kualitas telurnya bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya, Biasanya dikarenakan faktor usia (Semakin muda cadangan sel telurnya semakin baik) dan ketidaksuburan. Seiring waktu, kuantitas dan kualitas telur wanita secara bertahap menurun. Oleh karena itu, ketika mencari pengobatan untuk ketidaksuburan, penting bagi seorang wanita untuk mendapatkan wawasan tentang jumlah sisa cadangan telur dan masa suburnya.

Apa itu AMH
Ketika folikel berkembang dalam cadangan telur wanita, tubuh kita melepaskan Hormon Anti-Mülleri (AMH). Tingkat AMH dapat memberi tahukan kita tentang keadaan cadangan ovarium wanita. Karena kadar AMH ditentukan oleh jumlah folikel yang berkembang pada ovarium wanita, kadar AMH yang rendah merupakan indikasi bahwa cadangan ovarium telah habis.
Lebih sedikit folikel berkembang berarti kesempatan lebih  kecil untuk sel telur matang dan sehat yang akan dilepaskan dan dibuahi. Dengan demikian, ketika seorang wanita mengetahui keadaan cadangan telurnya, dia dapat menentukan seberapa mendesak dia membutuhkan perawatan.
Pengujian AMH
Sementara cadangan telur umumnya menurun pada pertengahan hingga akhir 30-an, menyebabkan AMH rendah, usia bukanlah satu-satunya faktor. Faktor lingkungan juga dapat menyebabkan AMH rendah, seperti penanganan kanker dan penyebab genetik yang diturunkan.
Tingkat AMH dapat dengan mudah dinilai dengan tes darah, tapi seperti kebanyakan tes diagnostik, ia memiliki keterbatasan. Misalnya, tidak bisa menunjukkan kualitas telur yang tersisa, yang mana biasanya membutuhkan tes terpisah. Namun, karena tingkat AMH tetap konstan dalam siklus wanita, tes ini memiliki kelebihan yaitu: dapat dilakukan  kapan saja.
Apa yang tidak bisa dikatakan AMH kepada Anda?
Tes AMH ini hanya memberi tahu kita beberapa aspek kesuburan Anda.  Tapi ada beberapa aspek kesuburan yang tidak bisa terbaca di tes ini. AMH tidak dapat memberi tahu Anda kualitas telur Anda. Apakah telur Anda grade 1 (Excelent), grade 2 (fregmentasi) atau grade 3 (Jelek). Oleh karena itu, jangan heran kalau beberapa wanita yang memiliki banyak telur dan kadar AMH tinggi mungkin tidak berhasil dalam program bayi tabung atau IVF dikarenakan kualitas sel telurnya yang buruk.
Bagi wanita yang memakai pil kontrasepsi oral, tingkat AMH mungkin bukan cerminan sebenarnya akan cadangan ovarium mereka. Mereka yang meminum pil memiliki tingkat AMH 19 persen lebih rendah dan folikel tahap awal 16 persen lebih sedikit.
Apa yang bisa kamu lakukan jika hasil AMH Anda rendah?
Jika Anda harus melakukan tes AMH dan menemukan bahwa tingkat AMH Anda rendah, jangan berkecil hati! Tingkat AMH Anda hanya satu bagian dalam banyaknya masalah ketidaksuburan pada wanita.

Tindakan terbaik Anda adalah mendiskusikan hal-hal ini dengan spesialis ketidaksuburan Anda. Tanyakan kepada dokter Anda bagaimana Anda bisa melindungi jumlah telur dan kesehatan Anda, dan juga mendiskusikan solusi terbaik untuk masalah AMH yang rendah ini. Sebagai contoh, suplemen DHEA dan protokol IVF yang dikelola dengan baik terbukti efektif dalam meningkatkan tingkat kehamilan IVF pada wanita dengan AMH rendah. Pertahankan pandangan positif dan jangan menyerah pada impian Anda memiliki bayi! Selain itu Anda juga dapat meningkatkan AMH dengan cara berikut ini:Cara Mudah Dan Terbukti Dalam Meningkatkan Kadar AMH 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kupas Tuntas Perihal Tes AMH: Apa Itu Tes AMH? Cara Tes/Pengujian AMH? Fungsi Tes AMH? Cara Menaikkan Kadar AMH Yang Rendah"