Apa Yang Menyebabkan Kualitas Sperma Menurun Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sebuah studi baru mengklaim bahwa ada penurunan besar dalam tingkat kesuburan sperma pria dalam 4 dekade terakhir. Dimana peneliti telah mempelajari lebih dari 42.000 pria dan menyimpulkan bahwa penurunannya sekitar 60%! Ini berarti jumlah kesuburan sperma pria saat ini telah turun sekitar 60%!
Jika Anda adalah orang yang belum mempunyai anak dari pasangan Anda, maka Anda harus membaca tentang hasil penelitian ini. Berikut adalah fakta-fakta tentang penurunan jumlah sperma pada pria yang wajib Anda ketahui:

Perbandingan Data antara kesuburan pria dahulu dan kini:
Studi terbaru menegaskan bahwa benar bahwa sebagian besar pria muda saat ini menderita tingkat kesuburan yang rendah. Hasil studi terbaru yang membandingkan jumlah sperma pria dahulu dan pria dewasa dari generasi kini yang memang memiliki perbedaan tingkat kesuburan. Dan seperti pernyataan di atas, tingkat kesuburan pria masa kini turun hingga 60%!

Apa penyebab sperma mengalami penurunan ini?
Penyebab utama adalah masalah gaya hidup pria masa kini, seperti: duduk dalam waktu yang lama, makanan yang tidak sehat, memakai celana dalam yang ketat, serta jarang berolahraga.
Selain fakta di atas, kesehatan sperma juga menurun di pria masa kini juga  disebabkan oleh kondisi lingkungan yang berubah. Tentu kita tahu bahwa lingkungan masa lalu dan masa kini sangat jauh berbeda. Jika dahulu lingkungan masih hijau dan asri maka di era masa kini lingkungan lebih banyak diisi oleh polusi udara. Yang tentu saja berkontribusi terhadap tingkat kesuburan pria. Cairan reproduksi pria rentan terhadap polutan lingkungan tertentu.
Kesehatan kesuburan pria juga dipengaruhi oleh paparan zat kimia seperti bisfenol yang membuat kesuburan pria menurun. Selain itu, merokok bertanggung jawab dalam penurunan kualitas sperma selain obesitas. Jadi, pria mungkin perlu melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mempertahankan tingkat kesuburan mereka.
Adapun tindakan pencegahan dan pemulihan agar sperma Anda tetap sehat dan terhindar dari penurunan kualitas sperma adalah:
1.   Diet makanan sehat: hindari makanan gorengan, kemasan maupun makanan saji. Memilih makan buah, sayur dan protein, seperti: wortel, semangka, tomat yang terkenal baik untuk kesuburan Anda. Bisa juga memilih kerang, udang, ikan yang terkenal baik untuk reproduksi pria.
2.  Rutin berolah raga: Hindari duduk terlalu lama yang berakibat menurunkan kualitas sperma Anda. Selain itu hindari kebiasaan buruk seperti: menaruh laptop di area paha, memakai celana dalam yang ketat, merokok dan bergadang. Biasakan untuk rutin berolahraga.
3.  Cek sperma: Walaupun belum menikah, ada baiknya Anda memeriksakan kesehatan reproduksi Anda. Karena semakin dini Anda mengetahui kesehatan reproduksi Anda maka akan semakin baik.
4.  Hindari stres: Ya, stres dapat menurunkan kualitas sperma Anda. Oleh karena itu manajemenlah stres Anda ke arah yang positif. Baca Juga: Lima Tips Ampuh Bagi Pria Agar Pasangannya Segera Hamil

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Yang Menyebabkan Kualitas Sperma Menurun Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?"