Pengaruh Kegemukan Terhadap Keberhasilan Program Bayi Tabung (IVF)

Pengaruh kegemukan (obesitas) terhadap keberhasilan program bayi tabung (IVF) – banyak sekali yang bertanya mengapa rata-rata wanita yang berbadan gemuk atau obesitas dianjurkan oleh dokter untuk menurunkan berat badan? Padahal kalau dilihat disekitar, banyak kok wanita yang berbadan ‘besar’ dalam artian gemuk memiliki anak?
Menjawab pertanyaan di atas, sebenarnya pernyataan itu tidak salah. Memang benar di luaran sana banyak wanita gemuk (obesitas) yang memiliki anak. Tapi, faktanya kegemukan (obesitas) dapat mempengaruhi kesuburan wanita. Dimana banyak penelitian membuktikan bahwa wanita yang gemuk berisiko 3 kali lipat kemungkinannya untuk infertile atau tidak subur dibandingkan dengan wanita yang mempunyai berat badan yang ideal.

Sebenarnya ketidaksuburan wanita ini, bukan hanya ditemukan pada wanita yang obesitas saja, ketidaksuburan juga menghinggapi wanita yang berbadan kurus. Jadi agar peluang hamil semakin besar ada baiknya wanita menjaga berat badannya kekisaran ideal. Tidak terlalu gemuk, dan tidak terlalu kurus.

Lalu, apa yang menyebabkan wanita gemuk (obesitas) susah memiliki anak atau tidak subur? Karena obesitas pada wanita menyebabkan ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Dimana bila tidak terjadi keseimbangan akan dapat mempengaruhi pelepasan sel telur dari indung telur dan juga mempengaruhi siklus haid sehingga menurunkan kesuburan pada seorang wanita. Selain itu kegemukan (obesitas) ini juga erat hubungannya dengan sindrom polistik ovarium (PCOS) yang merupakan penyebab umum ketidaksuburan pada wanita.
Itulah sebabnya jika Anda ingin menjalani program bayi tabung (IVF) maka dokter Anda akan menyarankan Anda untuk menurunkan berat badan. Kalau Anda tetap ‘bawel’ dan bersikukuh untuk tetap mempertahankan berat badan Anda, maka nantinya kualitas telur dan ovum Anda akan buruk, dan bila pun berhasil ditatam peluang besar embrio di dalam kandungan Anda akan mengalami keguguran!
Untuk itu, ada baiknya sebelum memutuskan mengikuti program bayi tabung (IVF) jaga berat badan Anda. Ini bukan hanya untuk penampilan saja, tapi ini semata-mata untuk meningkatkan peluang Anda memiliki momongan (Anak). Baca Juga: Delapan Hal Yang Mesti Anda Persiapkan Sebelum Menjalani Program Bayi Tabung (IVF)
Lalu, bagaimana caranya menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat? Berikut beberapa langkah yang dapat Anda tempuh agar berat badan Anda kembali ideal:
1.   Hindari makanan yang tidak sehat, seperti: gorengan, makanan maupun minuman yang manis, softdrink, junk food, dll.
2.  Hindari makan-makanan yang berlemak, seperti: daging merah, kulit, kikil, maupun gorengan.
3.  Batasi makanan berkarbohidrat tinggi, seperti: nasi yang dapat diganti dengan beras merah.
4.  Perbanyak makan buah dan sayur yang banyak mengandung serat.
5.  Banyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari)
6.  Olahraga secara teratur, 3x seminggu dengan durasi minimal 30 menit setiap sesi.

7.  Istirahat yang cukup dan hindari stres.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Kegemukan Terhadap Keberhasilan Program Bayi Tabung (IVF)"