Apakah Program Bayi Tabung (IVF) Bisa Memilih Jenis Kelamin Anak?

Bisakah memilih jenis kelamin bayi saat menjalani Program Bayi Tabung (IVF)? Inilah merupakan salah satu pertanyaan yang muncul dibeberapa pasangan yang ingin menjalani program bayi tabung. Walaupun terdengar klise, tapi ada beberapa pasangan tertentu lebih memilih jenis kelamin tertentu sebagai ‘calon’ buah hatinya.
Sebelum menjawab pertanyaan bisakah pada program bayi tabung memilih jenis kelamin ada baiknya kita memahami dulu cara alamiah bagaimana terbentuknya jenis kelamin pada calon janin.

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa laki-lakilah yang berperan besar dalam penentuan jenis kelamin, bukan perempuan yang selama ini dianggap penentu jenis kelamin. Jenis kelamin pria melalui spermanya memiliki kromosom XY, sedangkan perempuan atau wanita memiliki kromosom XX.

Jadi secara tidak langsung, jika kita menginginkan anak laki-laki, maka ia harus memiliki kromosom XY dan jika kita menginginkan anak perempuan, maka kromosomnya adalah XX.
Lalu, bisakah bayi tabung memilih jenis kelamin sang anak kelak? Jawabannya bisa. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan melalui pemisahan sperma. Jika menginginkan anak perempuan, maka sperma akan dipisahkan dan diambil yang kromosom X-nya saja untuk dimasukkan ke dalam tabung yang berisi sel telur. Jadi ketika digabung akan menghasilkan kromosom XX.
Hal sebaliknya juga berlaku, jika pasangan ingin memiliki anak laki-laki, maka kromosom Y-nya dari sperma suami akan diambil untuk dimasukkan ke dalam tabung yang berisi sel telur. Jadi ketika digabung akan menghasilkan kromosom XY.
Selain penentuan jenis kelamin pada program bayi tabung juga memungkinkan seseorang untuk memiliki peluang lebih besar memiliki bayi kembar. Hal ini bisa dilakukan biasanya dikarenakan jumlah sel telur ibu yang lebih dari satu. Dimana seperti yang diketahui, prosedur bayi tabung biasanya mengharuskan sang Ibu untuk dilakukan suntik kesuburan. Dengan suntik kesuburan ini akan merangsang ovarium memproduksi sel telur lebih banyak dari biasanya dan mencegah wanita mengalami ovulasi secara alami.

Tapi, yang patut diingat dalam memilih jenis kelamin untuk bayi kita kelak tidak 100% berhasil, karena seperti diketahui kekuasaan Tuhanlah yang utama. Dan pada umumnya pasangan yang ingin menjalani Program Bayi Tabung tidak mempermasalahkan jenis kelamin anaknya kelak yang terpenting adalah memiliki keturunan yang sehat. Baca Juga: Presentasi Keberhasilan Bayi Tabung Di Klinik Ferina Surabaya Dan Perbedaan RS Siloam Dahulu Dengan Klinik Ferina Surabaya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Program Bayi Tabung (IVF) Bisa Memilih Jenis Kelamin Anak?"