Pengaruh Pengentalan Darah Terhadap Keberhasilan Program Bayi Tabung

Apa itu pengentalan darah? Apakah seorang wanita yang mengalami pengentalan darah dapat hamil? Lalu, bagaimana cara program bayi tabung atau IVF dengan kasus pengentalan darah?
Jadi pengentalan darah merupakan suatu keadaan atau kondisi dimana darah seseorang mengalami kekentalan dibandingkan darah orang normal. Dimana hal ini biasanya terjadi ketika adanya kelainan dalam proses pembekuan darah.
Jika pada orang normal darah itu encer dan mudah mengalir maka seseorang dengan pengentalan darah mengalami darah yang tebal, lengket dan tentu saja kental.

Tentu saja dengan kekentalan tersebut ada beberapa gangguan yang dialami penderitanya, salah satunya adalah susahnya memiliki anak atau hamil. Hal ini dikarenakan darah yang kental akan menghambat sirkulasi oksigen, hormon dan nutrisi yang dibawa di darah yang akan dibawa ke sel dan jaringan di seluruh tubuh. Sehingga walaupun wanita tersebut hamil, resiko besar untuk keguguran sangat besar dikarenakan kurangnya pasokan nutrisi dan oksigen ke janin yang sangat dibutuhkan oleh janin.

Bagaimana cara mengetahui kita terkena atau mempunyai penyakit pengentalan darah? Caranya adalah dengan memeriksakan diri ke laboratorium untuk pengecekan pengentalan darah. Cara ini merupakan cara efektif untuk mengetahui adanya pengentalan darah dikarenakan rata-rata wanita yang mengalami pengentalan darah tidak mengetahui ia mengidap kekentalan darah karena tanda dan gejala yang tidak dirasakan.
Itulah sebabnya banyak wanita yang seringkali gagal menjalani program bayi tabung. Kadang berhasil hamil tapi langsung keguguran. Untuk itulah bagi Anda yang akan menjalani program bayi tabung atau IVF ada baiknya berinisiatif meminta dokter kandungan Anda untuk memeriksakan diri Anda cek pengentalan darah. Karena jangan sampai sudah menjalani program bayi tabung yang begitu mahal, tahu-tahu Anda mengidap pengentalan darah.
Pengecekan pengentalan darah biasanya ada 2 tahapan. Jika ditahap pertama terlihat ada pengentalan darah maka akan dilanjutkan ditahap kedua. Tapi, jika Anda ingin cepat dapat melakukan pemeriksaan pengentalan darah ini sekaligus. Tapi, tentu saja biaya yang Anda keluarkan tidaklah sedikit. Kisaran harga untuk cek pengentalan darah 2 tahap ini berkisar 3 – 4 jutaan.
Apa saja persiapan untuk pengecekan pengentalan darah: biasanya seseorang yang ingin mengecek pengetalan darah dianjurkan berpuasa minimal 10 jam sebelum pemeriksaan (jika ingin periksa jam 8 pagi berarti Anda harus berpuasa jam 10 malam).
Ketika kita di diagnosa mengidap pengentalan darah, kita tidak usah cemas dan takut. Karena kalau ketahuan sedari awal, akan mudah nantinya dalam pemprograman bayi tabung.
Rata-rata wanita dengan pengentalan darah akan menjalani pemberian obat pengencer darah. Dimana obat ini akan membuat aliran darah menjadi lancar sehingga suplai nutrisi, hormon dan oksigen ke janin menjadi lancar, sehingga embrio tumbuh dan berkembang.
Tapi patut dicatat pemberian obat pengencer darah ini harus melalui pengawasan dokter yang mana biasanya dokter yang menangani Anda akan meminta Anda rutin memeriksakan pengentalan darah yang Anda derita. Dimana tujuan pemeriksaan ini bertujuan untuk memantau kemajuan dari program pengobatan. Apakah nantinya terapinya akan di stop, dilanjutkan atau justru ditingkatkan dosisnya.
Selain menjalani pengobatan dengan mengkomsumsi obat pengencer darah, sebaiknya kita juga merubah pola makan kita. Jika selama ini kita sering mengkomsumsi sayuran hijau maka ketika mengetahui adanya pengentalan darah di tubuh Anda maka stop komsumsi sayuran hijau. Hindari karbohidrat sederhana atau olahan, seperti: gula, roti putih, kue, kerupuk, dll. Hindari minuman beralkohol, makanan acar, jamur, kafein, minyak (lemak trans) yang sering ditemukan di makanan gorengan dan junk food.
Lalu, makanan seperti apa yang sebaiknya dikomsumsi pada penderita pengentalan darah? Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah, apel mentah, labu maupun roti gandum. Makanan yang meningkatkan asam lemak esensial omega – 3, seperti: ikan salmon, minyak ikan, maupun ikan tuna. Serta memilih minyak lemak jenuh tang memiliki sifat antimikroba seperti minyak kelapa murni.

Selain makanan, olahraga rutin juga wajib Anda jalani. Dimana dengan olahraga akan membuat Anda dengan mudah mengeluarkan racun tubuh melalui tetesan keringat. Selain itu dengan berolahraga, sirkulasi darah akan menjadi meningkat, sehingga pengiriman oksigen dan nutrisi penting lainnya menjadi lancar. Baca Juga: Apakah Wanita Dengan Rahim Terbalik Bisa Hamil?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Pengentalan Darah Terhadap Keberhasilan Program Bayi Tabung"