Ternyata Gondongan Dapat Menghalangi Anda Untuk Hamil

Apakah penyakit gondongan atau gondokan (mumps) dapat menyebabkan kemandulan? Sebelum menjawab pertanyaan di atas, marilah terlebih dahulu kita ketahui apa efeknya gondongan (mumps) ini pada organ reproduksi. Baik itu pada organ reproduksi laki-laki maupun pada organ reproduksi perempuan.
Menderita penyakit gondongan selain bisa menyebabkan pipi bengkak, juga dapat membuat organ reproduksi pada pria (buah z*akar) ikut meradang. Dimana kasus pembengkakan testis ini cukup sering ditemui pada pria dewasa. Angka kejadiannya berkisar 20-30%. Yang terserang bisa satu buah testis saja atau malah keduanya. Tergantung keganasan penyakitnya. Baca Juga: Anda Ingin Segera Punya Anak? Hindari Kopi!

Yang membuat organ reproduksi pria dalam keadaan warning apabila penyakit gondongan atau gondokan ini parah. Karena kalau parah, radang bisa menyebabkan testis tidak berkembang dengan baik sehingga fungsinya menurun. Bahkan yang parahnya penyakit gondongan ini bisa menyebabkan laki-laki mengalami KEMANDULAN!

Tapi, Anda tidak risau hati karena kasus kemandulan karena gondongan ini jarang terjadi kecuali pada penderita yang daya tahan tubuhnya sedang sangat lemah, contohnya: penderita kanker yang sedang kemoterapi, orang yang menderita HIV/AIDS atau penderita autoimun.
Jadi pada pria apakah penyakit gondongan (mumps) dapat menyebabkan kemandulan? Jawabannya bisa tergantung tingkat keparahan penyakit gondokan yang diderita.
Lalu, bagaimana dengan perempuan? Apakah perempuan yang menderita gondongan dapat menyebabkan kemandulan? Pada wanita , komplikasi alat reproduksi ini jarang terjadi. Dimana radang pada indung telur bisa saja terjadi tapi kemungkinannya kecil. Jadi penyakit gondongan memang lebih ganas menyerang organ reproduksi pada pria dewasa dibandingkan dengan organ reproduksi wanita.
Bagaimana mengobati penyakit gondongan (mumps) ini agar tidak tambah parah? Pada sebagian besar pasien dewasa, gondongan biasanya akan sembuh dengan sendirinya, seiring dengan peningkatan daya tahan tubuh.

Sedangkan perawatan yang perlu dijalani penderita adalah istirahat yang cukup sembari minum vitamin atau suplemen peningkat daya tahan tubuh. Dan apabila ada keluhan demam dan nyeri dapat meminum obat penurun panas dan obat nyeri. Baca Juga: Hipotiroidisme Penyakit Yang Menyebabkan Anda Susah Untuk Hamil

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Gondongan Dapat Menghalangi Anda Untuk Hamil"