Sebelum Program Bayi Tabung (IVF) Periksa Kesehatan Mulut Dan Gigi Anda! Mengapa?


Pengaruh Kesehatan Gigi Terhadap Keberhasilan Program Bayi Tabung (IVF) – Mungkin banyak dari kita bertanya-tanya apa hubungannya keberhasilan program bayi tabung (IVF) terhadap kesehatan Gigi? Padahal faktanya kebersihan dan kesehatan gigi berpengaruh terhadap kehamilan Anda.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah pengaruh kesehatan gigi terhadap keberhasilan program bayi tabung (IVF):

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Australia yang melibatkan sekitar 3.373 perempuan hamil. Didapatkan fakta bahwa perempuan dengan penyakit masalah gigi atau bahasa medisnya adalah: periodontal membutuhkan waktu lebih dari 7 bulan untuk hamil dibandingkan dengan perempuan yang tanpa terkena penyakit masalah gigi. Dimana rata-rata perempuan yang tidak terkena penyakit gigi bisa hamil dalam waktu rata-rata 5 bulan saja. Hal ini menandakan bahwa ada pengaruh kesehatan gigi terhadap peluang kehamilan pada perempuan.

Apa hubungannya antara kesehatan gigi dengan peluang kehamilan? Perlu diketahui, infeksi pada gigi akan meningkatkan jumlah pertumbuhan bakteri yang ada di mulut kita. Nah, dengan meningkatnya jumlah bakteri tersebut tentu saja akan mempengaruhi anggota tubuh lain. Dengan begitu akan membuat tubuh menjadi reaktif. Perempuan dengan sistem kekebalan tubuh yang terlalu reaktif akan meningkatkan resiko infertelitas, keguguran dan bisa menyebabkan kegagalan implamantasi embrio  selama program bayi tabung (IVF).
Bukan hanya pada wanita, kesehatan gigi dan mulut juga mesti diperhatikan pada laki-laki. Mengapa? Sama seperti perempuan, infeksi gigi diyakini lebih beresiko mengalami penurunan jumlah atau kualitas sperma.
Atas dasar itu, ada baiknya Anda dan pasangan memperhatikan kebersihan dan kesehatan mulut Anda sebelum maju mengikuti Program Bayi Tabung (IVF). Jangan sampai karena masalah gigi, keinginan Anda dan pasangan memiliki momongan jadi impian belaka.
Jadi sebelum mengikuti Program Bayi Tabung (IVF) sebaiknya Anda dan pasangan: memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi (minimal 6 bulan sekali), segera tangani masalah kesehatan gigi dan mulut (kalau gigi berlubang segera di tambal), menggosok gigi 2 kali sehari (saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur), dan berkumur dengan air putih bersih setelah makan. Baca Juga: Enam Penyebab Tersering Mengapa Program Bayi Tabung Anda Gagal!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebelum Program Bayi Tabung (IVF) Periksa Kesehatan Mulut Dan Gigi Anda! Mengapa?"