Begini Cara Efektif Mengumpulkan Uang Maupun Dana Untuk Program Bayi Tabung (IVF)

Mempersiapkan dana untuk program bayi tabung – Dari kita pasti banyak yang tahu bahwa program bayi tabung bukan perkara gampang, perlu persiapan yang matang untuk menjalaninya. Bukan hanya persiapan fisik dan mental tapi juga perlu mempersiapkan materi untuk menjalaninya. Bukan rahasia lagi jika program bayi tabung perlu dana yang tidak sedikit.
Bagi kita yang memiliki dana yang besar tentu perkara ini tidaklah menjadi masalah. Tapi, bagi kalangan tertentu ini tentu menjadi masalah besar. Sekedar diketahui biaya program bayi tabung berkisar 50 sampai 80 juta rupiah yang tentu saja bukan uang yang sedikit. Perlu usaha keras untuk mengumpulkannya!
Tapi, dengan biaya sebesar itu jangan sampai membuat pasangan suami isteri yang belum mempunyai anak kendor karenanya. TIDAK ADA YANG TIDAK MUNGKIN, selama kita mau berusaha!
Bagi Anda yang memang diharuskan dokter kandungan menjalani program bayi tabung dan kesulitan dalam hal materi (dana), berikut ada beberapa alternatif yang dapat Anda tempuh dalam mengumpulkan dana untuk Program Bayi Tabung:

1.   Menabung: Ya, cara klasik ini adalah salah satu cara mengumpulkan dana yang efektif. Walaupun terlihat mudah, pada kenyataannya sangat susah dilakukan. Untuk Anda yang ingin menjalani metode ini harus tahu kapan ingin menjalani program bayi tabung, sehingga didapatkan angka besaran berapa uang yang mesti ditabung setiap bulannya.
Misalnya Anda merencanakan program bayi tabung 3 tahun kedepan, berarti dana yang mesti Anda sisihkan setiap bulan adalah:
Anggaplah biaya bayi tabung 80 juta, maka dana yang perlu Anda sisihkan adalah 80 juta/32 bulan: Rp. 2.500.000,-.
Tapi jika Anda merencanakan bayi tabung dalam waktu satu tahun berarti dana yang perlu Anda sisihkan harus jauh lebih besar, yaitu: 80 juta/12 bulan: Rp. 6.700.000.
Untuk mengabulkan impian Anda, mulai sekarang perketatlah pengeluaran Anda, pilih yang benar-benar Anda butuhkan bukan berdasarkan keinginan semata. Atau bisa juga dengan memperbesar pendapatan dengan cara menambah pekerjaan sampingan.

2.  Memimjam uang: Sebenarnya cara kedua ini tidak disarankan, mengapa? Karena meminjam uang utamanya meminjam uang ke bank dan sejumlah pinjaman lainnya, akan menambah beban keuangan keluarga Anda kedepannya. Karena seperti kita ketahui, semakin tahun kebutuhan hidup semakin besar.
Dan yang kedua, mengapa meminjam uang sebaiknya dihindari karena Program bayi tabung tidak memberi jaminan kalau program memiliki anak ini akan berhasil. Bukan rahasia lagi, jika banyak pasangan yang gagal memiliki anak melalui program bayi tabung ini.
Untuk itu jika Anda ingin segera menjalani program bayi tabung, sebaiknya hindari pilihan pintas ini. Pilihan ini dapat Anda pilih jika memang usia Anda  ‘tua’ untuk menjalani program bayi tabung (semakin tua usia tingkat keberhasilan program bayi tabung semakin rendah), karena jika menunggu sekian tahun akan mengurangi peluang Anda memiliki Anak dan atas pertimbangan lain yang memang mengharuskan Anda menjalani program bayi tabung.
Jika memang terpaksa harus meminjam uang, sebaiknya memilih meminjam uang pada keluarga yang biasanya tanpa bayar bunga seperti pinjaman lain.
3.  Menjual barang mewah: Jika menabung dirasa memberatkan Anda dan meminjam uang bukanlah pemecah masalah yang baik, cara ketiga ini mungkin dapat Anda pilih, yaitu: menjual barang mewah Anda.
Pilihlah barang yang Anda tidak atau jarang Anda butuhkan lagi. Barang yang menurut Anda jarang atau tidak dibutuhkan lagi kumpulkan jadi satu lalu bisa dijual pada sanak saudara atau bisa juga dijual di situs jual beli online.
Walaupun mungkin uang yang didapatkan mungkin tidak mencukupi untuk menjalani program bayi tabung tapi setidaknya ada uang yang dapat ditabung untuk selanjutnya dikumpul untuk menjalani program bayi tabung nantinya.
Tapi, jika Anda memiliki barang mewah seperti mobil, tanah, rumah yang ‘jarang/tidak’ terpakai, maka penjualan barang mewah ini mungkin dapat memenuhi biaya program bayi tabung Anda dengan cepat.
4.  Cari pekerjaan sampingan: Seperti diutarakan di atas, pekerjaan tambahan dapat menambah pundi-pundi rupiah kita. Misalkan  pagi kita bekerja dikantor, malamnya kita bisa jadi blogger atau Youtuber (bisa menghasilkan uang dari iklan). Atau disela-sela pekerjaan kita bisa menyelipkan pekerjaan lain, seperti: jika kita bekerja sebagai petani, pagi hari dan sore hari kita memelihara ayam, bebek, ikan, dll.
Tapi tulisan di atas adalah contoh, jika Anda seorang guru, tidak ada salahnya membuka kursus untuk anak didik Anda. Yang mana pada intinya adalah bagaimana caranya agar dapat mengumpulkan uang secara halal untuk program bayi tabung.


Itulah beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mengumpulkan dana untuk program bayi tabung. Yang mana pada intinya adalah kesediaan Anda untuk hidup berhemat. Kurangi keinginan untuk membeli ini dan itu yang tidak penting, kurangi kebiasaan bepergian yang hanya menghamburkan uang, ingat program bayi tabung ini adalah program yang memerlukan biaya dan pengorbanan yang besar, salah mengatur uang maka keuangan Anda jadi taruhannya! Baca Juga: Delapan Hal Yang Mesti Anda Persiapkan Sebelum Menjalani Program Bayi Tabung (IVF)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Cara Efektif Mengumpulkan Uang Maupun Dana Untuk Program Bayi Tabung (IVF)"