Kupas Tuntas Tindakan Endometrial Scratching: Pengertiannya?, Tujuannya?, Berapa Harganya?, Dimana Bisa Dilakukan? Bagaimana Tindakannya?


Apa itu Endometrial Scratching (ES)? Apa kegunaan dan tujuan dilakukan Endometrial Scratching (ES)? Bagaimana tindakan Endometrial Scratching (ES)? Berapa harga Endometrial Scratching (ES)? Apakah tindakan Endometrial Scratching (ES) sakit atau nyeri?
Anda tidak bisa hamil secara alami? Ikut inseminasi selalu gagas? Mengikuti Program Bayi Tabung (IVF) selalu gagal? Salah satu penyebab susah hamil, setelah semua proses dilalui secara baik adalah gagalnya implantasi atau gagalnya penempelan janin di rahim.
Salah satu tindakan yang bisa Anda lakukan di era modern ini agar meningkatkan peluang menempelnya janin di rahim adalah: Endometrial Scratching (ES). Tindakan Endometrial Scratching (ES) ini mirip kuretase yang berguna supaya rahim menjadi subur sehingga embrio bisa menempel secara cepat.

Lalu bagaimana tindakan Endometrial Scratching (ES) ini dilakukan? Endometrial Scratching (ES) ini dilakukan dengan cara ibu diposisikan litotomi, kemudian akan dimasukkan pipelle kateter, kemudian disedot dan selesai.

Ya, tindakan Endometrial Scratching (ES) tidak memakan waktu yang lama. Biasanya berkisar 5 sampai 10 menit. Dimana tindakan ini biasanya dilakukan dengan menggores endometriumnya biar muncul sitokin, growth factor, dll.
Tindakan Endometrial Scratching (ES) ini dilakukan pertama kali di Brazil pada tahun 2003. Karena terbukti meningkat peluang kehamilan pada inseminasi dan bayi tabung (IVF), tindakan ini berkembang dan tersebar ke seluruh dunia. Salah satunya adalah Indonesia. Dimana teknik Endometrial Scratching (ES) ini dilakukan pada tahun 2017.
Itulah sebabnya di sejumlah Rumah Sakit maupun klinik tempat menjalani inseminasi dan bayi tabung (IVF) tindakan Endometrial Scratching (ES) ini tidak semua menjalankannya. Cuma ada beberapa rumah sakit yang melakukan tindakan Endometrial Scratching (ES) ini. Beberapa diantaranya: Morula dan BIC.
Berapa biaya Endometrial Scratching (ES) ini? Mengenai biaya Endometrial Scratching (ES) tidaklah mahal. Tapi, dibeberapa tempat harganya lumayan menguras kantong. Ambil contoh di Klinik tertentu mematok harga: 200 ribu sampai 300 ribu, tapi dibeberapa klinik tertentu harganya bisa: 3 juta – 3,5 juta.
Apakah tindakan Endometrial Scratching (ES) ini sakit? Karena tindakan Endometrial Scratching (ES) ini tidak memakai bius, maka akan ada rasa ngilu atau tidak enak. Dan sebagai tambahan, karena tindakan Endometrial Scratching (ES) ini dilakukan dalam waktu singkat maka tidak dilakukan rawat inap. Baca Juga: Inilah Empat Dokter Kandungan Recomended Untuk Program Bayi Tabung (IVF) Di Penang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kupas Tuntas Tindakan Endometrial Scratching: Pengertiannya?, Tujuannya?, Berapa Harganya?, Dimana Bisa Dilakukan? Bagaimana Tindakannya?"