Apakah Penderita Adenomiosis Bisa Hamil?

Apakah penderita adenomiosis dapat hamil dengan program bayi tabung? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, marilah kita ketahui apa itu adenomiosis? Adenomiosis ialah kondisi dimana jaringan endometrium tumbuh di dinding otot rahim. Dimana jaringan endometrium adalah lapisan terdalam dinding rahim yang menjadi pembatas rongga pada rahim.
Lalu apa bedanya Adeomiosis dengan mioma? Pada pemeriksaan biasanya ditemukan perbedaan yang cukup mencolok, kalau Adeomiosis pada pemeriksaan terlihat tidak ada batas, masuk ke dalam otot rahim maka miom bentuknya menyerupai daging yang menempel di rahim.

Lalu dapatkah penderita adenomiosis hamil melalui program bayi tabung? Jawabannya bisa. Banyak wanita yang berhasil hamil dengan kasus adenomiosis. Tapi, walaupun bisa hamil, penderita adenomiosis biasanya dianjurkan menjalani operasi laparascopic untuk sukses mempunyai anak melalui program bayi tabung atau IVF. Baca Juga: Apa Itu Hidrosalping? Bagaimana Pengobatannya? Bisakah Hamil Dengan Hidrosalping? Dan Tempat Rekomdasi Dilakukannya Laparoscopy?

Dan informasi terkini, ada operasi adenomiosis yaitu dengan teknik Osada. Dimana operasi ini dilakukan dengan pembersihan lapisan adenomiosis dan miom (kalau ada) tetap mempertahkan rahim. Pemulihan pasca operasi tidak lama hanya sekitar 3 mingguan. Untuk informasi operasi Osada ini belum banyak di Indonesia, Di Jakarta baru di RS Mitra keluarga dan RS Brawijaya yang melakukannya.
Keputusan operasi pada kasus adenomiosis biasanya diambil dikarenakan jika Anda menjalani program bayi tabung maka peluang untuk mengalami keguguran pada saat IVF akan sangat besar. Dan bisa ditebak sendiri, jika sudah mengalami keguguran itu sama saja halnya dengan membuang ongkos dan tenaga selama ini.

Dan kabar gembira buat Anda, ada beberapa pasangan yang berhasil hamil alami tanpa menjalani program bayi tabung setelah pengobatan atau operasi dengan kasus adenomiosis (Tergantung berat ringannya penyakit) dengan menerapkan pola hidup sehat. Baca Juga: Empat Makanan Yang Dianjurkan Pada Bayi Tabung Dan Cara Mendapatkannya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Penderita Adenomiosis Bisa Hamil?"